1.1.13

Plant House, akan segera terealisasikan tahun ini.



Rakata Post, 02 Januari 2013.



Pelaksanaan untuk pembangunan Plant House terus berlanjut sesuai schedule. Kemarin, siang menjelang sore telah tiba sepuluh buah bambu pancang sebagai tiang untuk pendirian Plant House. Bambu yang didatangkan khusus dari daerah udik yang sangat terpencil ,sangat kokoh dan besar yang terkenal dengan bambu betung. 

Kucuran dana untuk tiang pancang tersebut sangat besar, mencapai US$ 250.000. Dengan panjang tiap bambu lebih kurang 6.5 meter, dan dengan diameter lebih kurang 20cm, akan terlihat kokoh disaat pembangunannya. 

Berdasarkan rapat tertutup antara pemerintah daerah dan pemerintah pusat, diputuskan pembangunan Plant House akan dimulai pada hari sabtu dan minggu depan. Namun, jika waktu memungkinkan, setiap sore akan dilakukan progress persiapan. Seperti pematangan lahan, pemotongan sesuai dengan desain dan pengujian materi bambu.

Diharapkan dengan adanya Plant House, kebutuhan Internal Negara sudah tidak tergantung lagi dengan Negara Asing (Pasar kelapa dan Pagebangan). Perlu diketahui bahwa, impor kebutuha bahan baku Negara mencapai ratusan ribu US. Dengan adanya Plant House, berangsur-angsur impor dikurangi sehingga target tahun awal tahun 2014 swasambada pangan tercapai.
 

1 comment:

  1. hmm..progressnya disampaikan juga donx..
    kan sekarang udah 75%...
    good job... :)

    ReplyDelete